Timbang Cerdas Mengaji


img20161102184033

Di desa timbang terdapat beberapa lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Salah satu lembaga pendidikan nonformal di img20161102184138timbang adalah lembaga yang bergerak d pendidikan keagamaan yakni BTQ (baca tulis quran). Pembelajaran BTQ terdapat di beberapa tempat Ada yang berbentuk TPQ (taman baca quran) setiap sore ba’da asar, madin (madrasah diniyah) setiap sore ba’da asar dan ada pula yang bentuk seperti pengajian biasad rumah salah satu warga (pengajar BTQ). TPQ dan Madin itu sudah memiliki gedung sendiri, sedangkan pembelajaran BTQ yang ketiga itu dilaksanakan di rumah pengajarnya. Pada pembelajaran BTQ ini KKN UNNES membantu pembelajaran BTQ yg dilakukan d rumah pengajar bapak Arifin yang dilaksanakan setiap ba’da magrin samapai isya. Peserta didik sangat bervariasi dari mulai siswa PAUD sampai SMP dan pembelajarannya juga tidak kalah variasi dari yang baru belajar amsilati (kitab pembelajaran btq)  jilid 1 sampai yang sudah mulai membaca al-quran. Paserta didik yg hadir setiap malam mencapai 30 orang. Pembelajaran dimulai dengan pembacaan doa bersama, asmaul husna, surat-surat pendek, kemudian setiap orang bergantian img20161102182431membaca kitabnya langsung kepada ustadnya. Dimana pengajar tetap berjumlah 2 orang yakni pak Arifin beserta istri. Setelah baca kitab masing-masing dilanjutkan doa penutup bersama. Sehingga mahasiswa kkn disini membantu pengajar (ustad) untuk memerhatikan setiap orang membaca kitabnya.

Iklan

Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak dengan Bimbel


img20161030203931Jam belajar masyarakat merupakan salah satu kegiatan dari KKN Unnes di desa timbang, kecamatan Banyuputih. Kegiatan ini biasa dilakukan setiap hari senin sampai kamis pukul 19.00 WIB.  Berimg20161030202338hubung desa timbang terpisah oleh jalan pantura yang ramai lalu-lalang truk dan bus, maka untuk jam belajar masyarakat dibagi menjadi dua. Di perdukuhan Mekarsari kegiatan jam belajar dilaksanakan setiap hari senin dan kamis dirumah  Kades desa Timbang bapak Risto, sedangkan untuk di perdukuhan Kewarasan dilakukan setiap hari selasa dan rabu tempanya dirumah bapak Sanuri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat  belajar anak-anak dan membantu anak-anak yang kesulitan dalam mengerjakan tugas serta memperdalam materi.  Untuk jam belajar masyarakat  sendiri sasaran yang sampai sekarang masih rutin adalah dari siswa-siswi SD Negeri 01 Timbang dan SD Negeri 02 Timbang.  Yang diajarkan dalam jam tambahan masyarakat sendiri semua mapel mulai dari mapel agama, Pkn, IPS, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Kegiatan Bimbel

Kegiatan Bimbel

Kegiatan Posyandu di Desa Timbang


Pendampingan Posyandu

Pendampingan Posyandu

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu bertujuan untuk Menurunkan angka kematian bayi (AKB) serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera. Posyandu di desa Timbang di adakan rutin setiap bulannya yaitu di 4 dusun. Biasanyai posyandu di dusun mekarsari diadakan setiap tanggal 10 setiap bulan, sedangkan pada tanggal 14  di adakan di dusun randusari, dan tanggal 15 diadakan di dusun gedong dan kewarasan. Pada kegiatan posyandu ini KKN UNNES 2016 di desa Timbang berkontribusi dengan melakukan pendampingan posyandu dan melakukan pembagian leaflet tentang pentingnya Asi eksklusif. Kegiatan yang kami lakukan seperti membantu ibu-ibu kader posyandu menimbang balita dan anak-anak dan mencatatkan hasilnya. Tujuan dari diadakannya pendampingan posyandu yaitu menambah ilmu pada mahasiswa pada dunia kesehatan.

Pendampingan Posyandu oleh Mahasiswa KKN UNNES 2016

Pendampingan Posyandu oleh Mahasiswa KKN UNNES 2016

INFO PELAYANAN PRIMA


Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010, disebutkan bahwa untuk mewujudkan Kecamatan sebagai pusat Pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi Kantor/ Badan Pelayanan terpadu di Kabupaten maka ditetapkan Pelayanan Adminsitrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).
Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Banyuputih meliputi:
A. Pelayanan Perizinan, terdiri dari:
  1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk bangunan dengan kriteria sebagai berikut:
  2. Izin Gangguan untuk Usaha dengan indeks Gangguan Kecil dengan luasan sampai dengan 500 M2
  3. Izin Usaha Salon Kecantikan
  4. Izin Usaha Rumah Makan
  5. Izin Pemasangan Reklame, dengan kriteria sebagai berikut:
    • Papan gantung dengan pemasangan diatas toko/ warung atau halaman/ pekarangan tempat usaha;
    • Spanduk/ Layar/ Umbur-umbul: dengan lokasi pemasangan dalam satu wilayah kecamatan.
    • Berupa poster/ Stiker/ Slebaran: dengan lokasi pemasangan dalam satu wilayah kecamatan.
  6. Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dengan klasifikasi Usaha Makro
B. Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
C. Pelayanan Pajam Bumi dan Bangunan (PBB)
D. Rekomendasi/ Surat Keterangan, terdiri dari:
  1. Surat Keterangan Pindah Penduduk antar Kecamatan dalam wilayah Kabupaten;
  2. Pengantar Surat Keterangan Pendaftaran Penduduk Sementara;
  3. Melegalisasi Proposal yang diajukan masyarakat meliputi:
    • Proposal Bantuan Sosial dan Pendidikan;
    • Proposal Bantuan Keagamaan;
    • Proposal Pembangunan;
    • Proposal Bantuan Kepemudaan dan Keolahragaan; dan
    • Proposal Bantuan Modal Usaha
  4. Surat Keterangan Miskin;
  5. Pengantar Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  6. Pengantar Rekomendasi Survey Penelitian;
  7. Pengantar Izin Keramaian;
  8. Pengantar Pindah Kawin;
  9. Pengantar Rekomendasi NTCR (Nikah, Talak, Cerai dan Rujuk);
  10. Melegalisasi Pengantar Pendirian Kelompok Usaha, Koperasi dan Badan Hukum lainnya;
  11. Surat Keterangan Waris;
  12. Surat Keterangan Boro Kerja;
  13. Surat Keterangan Pemanfaatan Pemakaian Kekayaan Daerah berupa penggunaan badan jalan;
  14. Pengantar pengurusan prizinan dan Informasi Tata Ruang (ITR);
  15. Pengantar angkut kayu/ pas;
  16. Pengantar Akte Catatan Sipil (Kelahiran, Kematian, Kawin);
  17. Dispensasi Nikah (Waktu pengurusan administrasi kurang dari 15 hari dari hari pernikahan);
  18. Pengantar Register Kredit Bank
  19. Rekomendasi pendirian kelompok kesenian, sanggat seni; dan
  20. Surat Keterangan dan Rekomendasi lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat

 

PROSEDUR PELAYANAN KTP DAN KK


Prosedur

PERSYARATAN PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)
KTP  baru
  1. Foto copy Kartu Keluarga
  2. KTP lama.
  3. Foto copy Akta Nikah/Kutipan Akta Perkawinan bagi penduduk yang belum berumur 17 tahun tetapi sudah kawin / pernah kawin.
  4. Foto copy Akta Kelahiran.
  5. Foto copy Surat bukti / keterangan peristiwa penting atau kependudukan yang dialami bagi pemohon yang mengajukan perubahan data termasuk KTP.
  6. Foto copy dokumen imigrasi (Paspor, Izin Tinggal Tetap) bagi Orang Asing tinggal tetap.
Perpanjangan KTP
  1. KTP lama dan
  2. KK yang dimiliki penduduk.
KTP pengganti
  1. KTP lama yang rusak atau
  2. Surat Keterangan Kehilangan KTP dari Kepolisian bagi KTP yang hilang.
  3. KK.

PERSYARATAN  PENERBITAN  KARTU  KELUARGA  (KK)
KK  baru
  1. KK dan KTP lama.
  2. Foto copy Buku Nikah/Kutipan Akta Perkawinan bagi penduduk yang sudah menikah.
  3. Foto copy Kutipan Akta Kelahiran, bagi keluarga yang sudah mempunyai Akta Kelahiran.
  4. Mengisi data keluarga dan biodata setiap anggota keluarga.
  5. Khusus bagi penduduk WNI yang baru pindah dan datang dari luar negeri membawa Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri (SKDLN).
KK  bagi penduduk yang sudah punya NIK
  1. Foto copy KK lama yang sudah ada NIK.
  2. Foto copy Buku Nikah / Kutipan Akta Perkawinan.
  3. Foto copy KTP calon Kepala Keluarga yang sudah ada NIK.
PENDUDUK YANG PINDAH TEMPAT TINGGAL, MENUNJUKKAN :
  1. Foto copy KK lama yang sudah ada NIK.
  2. Surat Keterangan Pindah Datang.
BAGI PENDUDUK YANG KK RUSAK / HILANG, MENUNJUKKAN :
  1. KK yang rusak atau dokumen lain yang ada NIK.
  2. Surat keterangan hilang dari Kepolisian.