Bidang Ekonomi

  • Kripik Tempe

            Kripik Tempe merupakan makanan khas desa Timbang, Kecamatan BanyuPutih, Kabupaten Batang. Dikatakan makanan khas sebab kripik ini diproduksi secara perseorangan oleh ibu RumahTangga yag bernama Ibu Rindayah. Kripik Buatan Bu Rindayah bersama adiknya ini terkenal dengan rasa kripik yang gurih, renyah, dan empuk saat dimakan.

20141106_091011

Ibu Ririn Pemilik Usaha Kripik Pisang dan Tempe

Pembuatan Kripik Tempe ini dibuat secara manual sebab masih menggunakan alat pemotong tempe ya    ng terbuat dari kayu. Pembuatan Tempe dimula dengan tahap pemotongan tempe. Ada dua jenis ukuran tempe yang dipasarkan yakni ukuran kecil dan besar. Kemudian tempe dipotong-potong dengan menggunakan alat dari kayu. Setelah itu tempe siapkan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, ketumbar , dan miri, serta tepung terigu dan tepung beras. Setelah siapkan  minya panas, dan goreng tempe sampai berwarna kecoklatan. Kalau sudah matang, tiriskan. Kripik tempe siap untuk dikemasi dalam wadah plastik dan dipasarkan.

Kripik Tempe Buatan Bu Rindayah ini dapat dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh dari Desa Timbang. Pemasaran Kripik Tempe ini di warung-warung makan di desa Timbang. Selain itu dapat kita beli langsung di rumah Bu Rindayah yang berada di RT 8 Dukuh Randusari, Desa Timbang, Kecamatan BanyuPutih, Kabupaten Batang.

  • Sale Pisang
20141114_084800

Proses Pembuatan Sale Pisang

Sale Pisang juga merupakan makanan khas desa Timbang, Kecamatan BanyuPutih, Kabupaten Batang. Dikatakan makanan khas sebab sale ini berbeda dengan sale lain. Pisang yang digunakan dalam  pembuatan Sale ialah Pisang Kapas. Sale Pisang buatan Bu Rindayah bersama adiknya ini terkenal dengan rasanya yang manis, renyah, dan empuk saat dimakan.

20141114_084443

Pisang Kapas yang siap dijemur untuk dijadikan sale

            Pembuatan sale ini dibuat secara manual sebab masih menggunakan alat pemotong tempe yang terbuat dari kayu. Pembuatan Sale Pisang dimulai tahap penguapasa pisang.. Kemudian satu buah pisang dibelah  menjadi tiga bagian sampai ukuran setengah buah, tapi jangan sampai putus. Tak usah diberi bumbu, Pisang lalu dijemur 3-4 hari. Setelah proses pengeringan, Pisang lalu digoreng hingga matang . Lalu siapkan  minyak panas, dan goreng  sampai berwarna kecoklatan. Kalau sudah matang, tiriskan. Sale Pisang siap untuk dikemasi dalam wadah plastik dan dipasarkan.

20141126_082509

Pisang Kapas sebagai bahan baku pembuatan sale

Sale Pisang buatan Bu Rindayah ini dapat dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh dari Desa Timbang. Pemasaran Sale Pisang ini di warung-warung makan di desa Timbang. Selain itu dapat kita beli langsung di rumah Bu Rindayah yang berada di RT 8 Dukuh Randusari, Desa Timbang, Kecamatan BanyuPutih, Kabupaten Batang.

  • Pabrik Kayu
20141126_093401

pabrik kayu di Dukuh Randusari

Pabrik Kayu yang berada di desa Timbang merupakan sektor ekonomi dan tumpuan hidup warg desa Timbang. Setiap hari, Pabrik ini selalu ramai dengan aktivitas para warga yang sedang mengolah kayu. Pabrik Kayu ini berada di tempat yang strategis dengan jalan raya Pantura Batang, Tepatnya di samping Jalan Raya Pantura Batang.

20141126_093415

Pabrik Kayu ini merupakan pabrik yang selalu dipenuhi oleh berbagai orang mulai dari pedagang kayu, pembeli maupun pemotong-pemotong kayu. Kayu-kayu ini berasal dari kayu-kayu pemerintahan sebab setiap kayu bertuliskan nomor-nomor. Kayu-kayu yang diolah berupa kayu jati dengan kualitas terbaik. Hasil dari pengolahan kayu ini bisa menjadi pallet (kayu yang dijadikan alas di dalam truk untuk mengangkat beras). Selan itu juga mnghasilkan kayu usuk (kayu penyangga atap rumah).

  • Tambang Batu
20141105_074520

salah seorang penambang patu di Dukuh Timbang

Tambang Batu merupakan sektor ekonomi dan tumpuan hidup warga desa Timbang. Setiap hari, Tempat  ini selalu ramai dengan aktivitas para warga yang sedang menambang batu

20141126_094523

batu kali yang siap dijadikan bahan bangunan

Tambang  ini merupakan tempat yang selalu dipenuhi oleh truk-truk yang menjual batu-batu ini ke daerah lain. Tambang Batu itu diekspor ke luar kota.

  • Warung Biasa/ Toko
20141126_101507

warung kelontong

Warga desa Timbang banyak yang berpekerjaan sebagai pedagang. Mulai dari toko kelontong, toserba (toko serba ada), toko aksesoris. Selain itu, juga ada warung makan. Setiap dusun di desa Timbang mempunyai 5 toko. Toko-toko yang berada di desa ini didominasi oleh toko kelontong. Sedangkan untuk warung-warung nasi banyak dijumpai sekitar sekolah yani di depan SDN 1 Timbang, SDN 2 Timbang, dan TK.

  • Penjualan Pisang Gebyar dan Nangka
20141126_101909

Pisang Gebyar, Nangka dan Sirsak

Pisang Gebyar

20141106_070247

Pisang Gebyar

Merupakan pisang panjang yang panjangnya seperti tanduk rusa. Pisang ini berwarna kuning sperti kulit pisang pada umumnya, namun panjangnya lebih dari 25 cm. Pisang Biak banyak dijumpai di desa Timbang yakni di seberang jalan Raya Pantura Timbang, dekat Alas Roban. Pisang ini menjadi makanan khas Desa Timbang, sebab pisang ini adanya di desa Timbang. Belum banyak wilayah yang menanam pisang ini.  Pisang ini juga bisa dimakan secara langsung. Selain itu bisa pisang ini merupakan makanan bergizi dan sebagai sumber karbohidrat.

P

  • Nangka
20141126_091405

nangka desa timbang

Desa Timbang merupakan desa yang produktif sebagai penghasil buah nangka. Namun sayangnya, belum banyak yang memanfaatkan buah nangka ini sebaga olahan yang mempunya nilai ekonomi yang tinggi. Buah nangka yang sudah matang langsung dijual tanpa diolah menjadi selai, sale, ataupun lainnya.

20141126_083704

megono

Tim KKN UNNES 2014, Berusaha memanfaatkan buah nangka sebagai bahan utama dalam pembuatan Browniesh Nangka. Perbedaan dengan brownies lain hanya terletak pada bahan pembuatan saja. Untuk langkah pembuatan browniesh nangka sama saja dengan pembuatan browniesh pada umumnya. Selamat mencoba!

  • Tenaga Kerja Indonesia

Selain berprofesi sebagai pedagang, warga desa Timbang juga banyak yang bekerja sebagai TKI. Sebagai TKI, mereka berprofesi sebagai pembantu Rumah Tangga di negara Arab. Selain itu juga sebagai penambang Batu di daerah Kalimantan.

Sekilas Info tentang bidang Perekonomian warga Desa Timbang,  Semoga bermanfaat bagi pembaca!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s